Pengertian Iklan Komersial : Tujuan dan Ciri – Cirinya

Pengertian Iklan Komersial : Tujuan dan Ciri – Cirinya
Pengertian Iklan Komersial : Tujuan dan Ciri – Cirinya

Pengertian Iklan Komersial : Tujuan dan Ciri – Cirinya – Dalam keseharian kamu mungkin kerap menemukan iklan baik pada media cetak atau digital. Di antara beberapa iklan itu, iklan komersial adalah jenis iklan yang terbanyak muncul.

Di samping iklan pada media cetak atau digital, iklan juga dapat kamu temui di lokasi-lokasi yang banyak dilewati orang. Sebagai contoh, beberapa iklan dalam bentuk baliho atau poster.

Titik pemasangan iklan itu ditentukan bukan tanpa alasan. Suatu iklan memang dirancang supaya customer mengetahui keberadaan suatu produk, layanan, orang, karya, dan sebagainya. Jika ingin mempromosikan bisnis Anda melalui media nasional, kami sarankan untuk menggunakan jasa press release.

Pengertian iklan komersial

Iklan komersial yakni iklan yang ditujukan untuk memasarkan suatu produk, baik berbentuk barang atau jasa. Sudah pasti harapannya calon customer yang melihat iklan itu akan tertarik untuk membeli produknya.

Tumbuh keinginan untuk membeli produk yang diiklankan sebagai aspek penting dalam iklan komersial. Baiknya iklan ini mendorong terciptanya permintaan pasar serta lebih jauh lagi mendatangkan penghasilan.

Tujuan iklan komersial

Dari penjelasan di atas, jelas sekali jika arah iklan komersial adalah mendatangkan keuntungan untuk perusahaan atau usaha dengan mempromosikan produk.

Walau demikian, jika dilihat lebih dalam setiap iklan memiliki tujuan spesifik di luar tujuan utama itu. Iklan biasanya mewakili satu dari 3 tujuan di bawah ini.

1. Memperkenalkan produk atau brand

Tujuan pertama ini sebenarnya sebagai logika sederhana. Konsumen tidak membeli produk yang tidak mereka ketahui kehadirannya. Oleh karena itu, brand atau perusahaan perlu berusaha mengenalkan produknya, terlebih beberapa produk yang baru rilis.

Iklan yang mempunyai tujuan untuk membuat awareness terkait brand atau produk umumnya termasuk kategori informative advertising. Iklan ini mengenalkan produk baru, program tertentu, dan dapat memberitahu calon konsumen mengenai manfaat dan kelebihan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

2. Membuat calon konsumen tertarik

Selanjutnya, iklan komersial diperuntukkan untuk meyainkan konsumen jika produk atau layanan yang kamu tawarkan adalah yang terbaik. Ini diharapkan mengganti persepsi dan membuat citra positif mengenai produk atau brand.

Sasarannya adalah konsumen mengambil tindakan, misalkan beralih merek dari pesaing ke merekmu. Di lain sisi, ketertarikan itu bisa juga diperuntukkan supaya konsumen masih tetap bertahan memakai produkmu jika mereka merupakan pelanggan lama.

Usaha membuat customer tertarik ini umumnya memakai teknik persuasive advertising. Fitur, bukti, atau keunggulan bukan hal yang ditonjolkan dalam iklan jenis ini.

3. Pastikan produk tidak mengalami penurunan lebih cepat

Setiap produk mempunyai life cycle dan akan mengalami penurunan atau decline setelah mencapai titik maturity di pasar. Walau transisi itu tentu dirasakan oleh setiap produk, kamu pasti ingin produkmu berumur sejauh mungkin di pasaran, kan?

Karena itu, usaha merilis iklan beberapa produk yang sudah mapan untuk mengingatkan kembali konsumen berkaitan produk atau layanan tersebut. Tujuan iklan komersial yang ini dikenal dengan sebutan reminder advertising.

Ciri-ciri iklan komersial

Seringkali orang masih tertukar antara iklan, propaganda, dan publisitas. Walau melibatkan perhatian publik, ke-3 hal tersebut benar-benar berbeda. Adapun ciri-ciri iklan komersial adalah seperti berikut ini :

1. Komunikasi berbayar

Iklan adalah bentuk komunikasi berbayar dan didominasi tujuan komersial. Walaupun seperti disebutkan sebelumnya, ada pula iklan nonkomersial atau iklan layanan masyarakat.

Maka iklan berbeda dengan publisitas yang tidak dibayar oleh sponsor. Biasanya, suatu hal dikabarkan karena dianggap menarik atau penting oleh pihak penyiar data.

Disamping itu, pihak sebagai sponsor iklan tidak anonim alias bisa diidentifikasi. Dengan begitu, konsumen tahu asal opini atau klaim terkait produk itu.

2. Bukan bentuk komunikasi personal

Iklan komersial bersifat non-personal communication. Lepas dari cara penyajiannya, iklan komersial selalu ditujukan untuk masyarakat luas, bukan individu.

Memang betul sekarang banyak pola komunikasi iklan yang dipersonalisasi dan terasa personal. Tetapi, hal itu hanya metode panyajian untuk meningkatkan customer experience.

3. Bersifat persuasif

Meningkatkan penjualan produk atau layanan tertentu jadi target khusus dari sebuah iklan komersial. Untuk mencapai tujuan itu, iklan komersial umumnya sangat persuasif agar konsumen percaya penawaran itu lebih bagus dibanding penawaran serupa dari merek kompetitor.

Karena itu, iklan komersial sering kali memastikan ada konten yang memperlihatkan produk bisa memenuhi keperluan dan meningkatkan kualitas hidup konsumen.

Adapun sistem yang dipakai cukup bervariasi, dimulai dari menarik emosi konsumen, memenangkan kepercayaan konsumen dengan dukungan otoritas, atau menjelaskan alasan logis untuk membeli produk itu.

4. Ditujukan untuk audiens target

Ciri-ciri yang satu ini semakin jelas belakangan ini. Dulu iklan ditayangkan lewat tv atau radio yang jangkauan audiensnya sangat luas. Sekarang, iklan banyak ditayangkan melalui platform digital yang walau jangkauannya, platform ini tersegmentasi.

Tiap brand mempunyai buyer persona yang ingin mereka ambil. Lebih fokus sebuah iklan pada segmen khusus, semakin efektif iklan itu. Karena itu, ciri-ciri iklan komersial sekarang ini adalah dirancang khusus untuk menarik audiens target.

Demikian artikel di atas mengenai Pengertian Iklan Komersial : Tujuan dan Ciri – Cirinya. press release adalah salah satu solusi untuk memberitahu tentang bisnis Anda kepada publik melalui situs web media nasional. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.